cover buku pedoman pengukuran karbon

Pedoman pengukuran karbon ini di buat oleh Tim Perubahan Iklim Badan Litbang Kehutanan. Penyusunan buku pedoman ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan para pihak dalam mengaplikasikan metode inventarisasi gas rumah kaca dalam konteks pembangunan kehutanan yang berkelanjutan.

Salah satu komponen penting untuk pelaksanaan REDD+ (pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi, konservasi, sustainable management of forest/SMF dan peningkatan cadangan karbon) adalah penerapan sistem MRV meliputi pengukuran, pelaporan dan verifikasi yang transparan, komparabel, koheren, lengkap dan akurat. Tantangan untuk membangun sistem ini adalah bagaimana masyarakat dan para pihak terkait mengetahui posisi dan perannya dalam pencapaian target pengurangan emisi dan peningkatan cadangan karbon.

Buku pedoman ini mengacu pada berbagai hasil penelitian yang sudah dilakukan di Badan Litbang, Kementerian Kehutanan dan berbagai referensi lainnya. Diharapkan buku pedoman ini dapat mempermudah para pihak dalam pengukuran cadangan karbon dalam sistem MRV yang sudah menjadi kesepakatan hasil COP.

Buku pedoman pengukuran karbon untuk mendukung penerapan REDD+ di Indonesia di bagi menjadi 7 bagian yaitu: pendahuluan, Prinsip Mrv Dan Perhitungan Emisi Menggunakan IPCC Guideline 2006, Pentingnya Pengukuran Karbon di Tingkat Nasional dan Sub Nasional, Pengukuran Karbon di Tingkat Nasional dan Sub Nasional, Monitoring dan Pelaporan Hasil Pengukuran Cadangan Karbon, Verifikasi dan penutup.

 

silahkan mendownload dibawah ini:

http://forda-mof.org/files/Pedoman%20pengukuran%20karbon.pdf