cover buku Tehnik Pendugaan Cadangan Karbon Hutan

Penulisan buku Tehnik Pendugaan Cadangan Karbon Hutan didasari atas pengalaman Merang REDD Pilot Project – GIZ di Sumatera Selatan. Buku ini selain untuk mendokumentasikan metodologi yang dikembangkan dan diterapkan oleh project, juga mengklarifikasi kesesuaiannya terhadap SNI Pengukuran Cadangan Karbon. Sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu panduan teknis baku mengenai pengukuran dan pendugaan cadangan karbon hutan yang dapat diterapkan di Indonesia.

Upaya mitigasi perubahan iklim merupakan komitmen global yang memiliki konsekuensi terhadap semua negara di dunia. Peran serta aktif dan komitemen dari negara maju dan berkembang sangat berpengaruh terhadap kemajuan proses negosiasi pengurangan emisi global. Sebagai salah satu negara berkembang yang memiliki hutan tropis terluas di dunia, Indonesia menjadi negara penting yang dapat mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan, sekaligus melalui penyerapan karbon oleh hutan. Selain itu, komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi sebesar 26% atau 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2020, telah memposisikan diri di dalam upaya negosiasi penurunan emisi di tingkat internasional.

Diperkirakan sekitar seperlima dari total emisi gas rumah kaca disebabkan oleh diforestasi dan degradasi hutan. Penelitian independen menunjukkan bahwa Indonesia selain menjadi salah satu emitor gas rumah kaca terbesar di dunia, juga merupakan negara yang akan terkena dampak akibat adanya perubahan iklim. Karena itu, pemerintah Indonesia membuat komitmen kuat untuk mengurangi emisi CO2 sebanyak 26% hingga tahun 2020. Sektor kehutanan akan menyumbangkan porsi terbesar di dalam pencapaian target yang ambisius tersebut, dan rehabilitasi hutan rawa gambut juga akan memiliki peran yang sangat penting.

Dalam buku Tehnik Pendugaan Cadangan Karbon Hutan di bagi dalam 7 bab yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Sekilas tentang karbon
  3. Pengukuran lapangan karbon hutan
  4. Metode survey karbon tanah
  5. Pengembangan persamaan alometrik dan faktor konversi
  6. Pendugaan cadangan karbon dan perhitungan nilai uncertainties
  7. Penutup.

Untuk mendapatkan Buku Tehnik Pendugaan Cadangan Karbon Hutan secara gratis,

silahkan klik

http://www.redd-indonesia.org/images/abook_file/Tehnik%20Pendugaan%20Cadangan%20Karbon%20Hutan.pdf