lambang IPCC
Banyak pertanyaan yang diajukan, apa sih IPCC itu? Apa hubungannya dengan perubahan iklim? Dan banyak pertanyaan lain yang ingin mengetahui tentang IPCC. Ok dalam artikel ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang IPCC.

 Apa itu IPCC?

IPCC merupakan singkatan dari Inter-governmental Panel on Climate Change. Terjemahan bebasnya kurang lebih Panel Antar-pemerintah tentang perubahan iklim. IPCC bisa juga disebut sebagai Dewan iklim PBB. IPCC adalah badan internasional terkemuka untuk penilaian perubahan iklim yang tersusun dari 195 anggota negara yang ada di dunia, serta ribuan ilmuwan pakar internasional secara sukarela menganalisis perubahan iklim di bumi dan menyarankan tindakan penanggulangan. IPCC memiliki misi untuk mengevaluasi resiko dari perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

IPCC didirikan pada tahun 1988 oleh dua organisasi PBB, World Meteorological Organization (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP). IPCC adalah sebuah badan antar pemerintah. Hal ini terbuka untuk semua negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan WMO. Aktivitas utama dari IPCC adalah mempublikasikan laporan khusus tentang topik-topik yang relevan dengan implementasi UN Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

IPCC adalah lembaga ilmiah yang tugasnya meninjau dan menilai informasi ilmiah, teknis dan sosio-ekonomi terbaru di seluruh dunia yang relevan untuk memahami perubahan iklim. IPCC telah melakukan beberapa skenario iklim untuk mengetahui proyeksi iklim global dan regional sampai tahun 2100. Proyeksi iklim ini diperlukan untuk mengetahui kondisi iklim di masa yang akan datang berdasarkan skenario iklim yang ditetapkan. Proyeksi iklim ini berkaitan erat dengan perubahan iklim (climate change).

Tujuan dari IPCC adalah untuk menilai informasi ilmiah yang relevan dengan:

  • Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia
  • Dampak perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia
  • Pilihan untuk adaptasi dan mitigasi

IPCC telah mendapatkan Penghargaan Perdamaian Nobel bersama dengan Al Gore pada 12 Oktober 2007 untuk usaha mereka dalam membangun dan menyebar luaskan pengetahuan mengenai perubahan iklim yang disebabkan manusia serta dalam merintis langkah-langkah yang diperlukan untuk melawan perubahan tersebut.

Jadi secara garis besar IPCC untuk mengetahui perubahan iklim yang disebabkan oleh aktifitas manusia. Tahukah anda bahwa jumlah penduduk dunia sekarang (2012) tembus angka 7 miliar…!!!. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, penyumbang terbesar berubahan iklim adalah manusia.

Dengan membaca artikel di atas kita tahu bahwa apa itu IPCC, Apa hubungannya IPCC dengan perubahan iklim.