Indonesia merupakan negara yang menyimpan kekayaan keanekaragaman hayati (biodiversitas) yang sangat besar. Beragam tumbuhan, hewan, jamur, bakteri, dan jasad renik lain banyak terdapat di Indonesia. Bahkan banyak jenis makhluk hidup yang merupakan makhluk hidup endemik atau hanya ditemukan di suatu daerah saja. Supaya keanekaragaman hayati ini tetap terjaga dengan baik, diperlukan suatu upaya pelestarian terhadap keanekaragaman hayati tersebut. Salah satu upaya untuk pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia yaitu dengan melakukan perlindungan alam seperti pembuatan taman nasional.

Taman nasional yaitu kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya pariwisata, dan rekreasi. Pemerintah Indonesia telah mengembangkan berbagai taman nasional yang tersebar di beberapa daerah di seluruh kawasan di Indonesia. Berikut ini taman nasional yang ada di Indonesia yaitu sebagai berikut.

1. Pulau Sumatera

Terdapat beberapa taman nasional di Pulau Sumatera diantaranya yaitu:

a. Taman Nasional Gunung Leuser, yang terletak di Provinsi Sumatra Utara dan Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Taman Nasional ini terdapat beberapa flora dan fauna diantaranya:

  • Sekurangkurangnya terdapat 50 jenis anggota famili Dipterocarpaceae (meranti, keruing, dan kapur)
  • Terdapat beberapa jenis buah, seperti jeruk hutan (Citrus macroptera), durian hutan (Durio exyleyanus), buah limus, (Mangifera foetida), rukem (Flacuortia rukam) dan menteng (Baccaurea rasemosa)
  • Flora langka seperti Rafflesia arnoldii dan Johannesteisjmannia altrifrons (sejenis palem)
  • Terdapat 89 jenis satwa langka yang dilindungi antara lain: gajah (Elephas maximus), beruang Malaya (Ursus malayanus), harimau sumatra, badak sumatra (Dicerorhinus sumatrensis), orang utan sumatra (Pongo pygmaeus abelii), kambing sumba, tapir (Tapirus indicus), burung kuda, macan akar dan itik liar
Taman Nasional Gunung Leuser
Sumber: http://galeriwisata.wordpress.com

Gambar 1 Taman Nasional Gunung Leuser

b. Taman Nasional Kerinci Seblat, yang terletak membentang di empat provinsi yaitu Provinsi Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jambi dan Bengkulu. Taman Nasional ini terdapat beberapa flora dan fauna diantaranya:

  • Jenis flora terutama famili Dipterocarpaceae (meranti, keruing, dan kapur), Leguminosae, dan Liana
  • Beberapa flora langka seperti bunga bangkai Amorphophallus titanium, Rafflesia arnoldii, palem (Livistona altissima), anggrek (Bilbophyllum sp. dan Dendrobium sp.), pasang (Quercus), dan kismis (Podocarpus sp.)
  • Beberapa jenis fauna antara lain: kelinci hutan, bangka ungko, rusa, harimau kumbang, badak Sumatra, gajah, tapir, muncak, kera ekor panjang, siamang, berang-berang, serta jenis burung dan reptilia

c. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, terletak membentang dari ujung selatan Provinsi Bengkulu sampai ujung selatan Provinsi Lampung. Taman Nasional ini terdapat beberapa flora dan fauna diantaranya:

  • Beberapa jenis flora diantaranya: meranti (Shorea sp.), keruing (Dipterocarpus), pasang (Quercus spp.), damar (Agathis alba), kemiri (Aleurutes mollucana), pengarawang (Hopea spp.), temutemuan (Zingiberaceae), cemara gunung (Cassuarina equisetifolia), mengkudu (Morinda citrifolia), dan Rafflesia arnoldii
  • Beberapa jenis fauna antara lain: babi rusa, beruang madu, macan tutul, gajah, tapir, kijang, landak, ular sanca, harimau sumatra, badak sumatra, kerbau liar, owa, kambing hutan, ajak dan trenggiling. Berbagai jenis burung seperti bangau putih, bangau tong-tong, dara laut, angsa laut, rangkong, dan raja udang


2. Pulau Jawa

Terdapat beberapa taman nasional di Pulau Jawa diantaranya yaitu:

a. Taman Nasional Ujung Kulon, terletak di ujung paling barat Pulau Jawa yang merupakan hutan dataran rendah.

  • Taman nasional ini adalah habitat terakhir dari hewan-hewan yang terancam punah, seperti badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus), banteng (Bos sondaicus), harimau loreng (Panthera tigris), Surili (Presbytis aygula), dan owa jawa (Hylobathes moloch).

b. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terletak di Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi yang merupakan pegunungan hutan hujan tropik.

  • Taman nasional ini mewakili hutan hujan tropis pegunungan di Jawa yang berupa hutan submontane, hutan montane, dan subalpine yang memiliki iklim lembab sehingga didominasi oleh jenis paku-pakuan seperti: Hymmenophyllaceae, Gleischenia, Gaulthenisa, dan semak Rhododendron.
  • Taman nasional ini juga terdapat pohon raksasa seperti rasamala (Altingia exelsa) yang dapat mencapai tinggi 60 m serta terdapat bunga abadi yang tidak pernah layu, yaitu bunga Anaphalis javanica. Fauna yang terdapat di taman nasional ini yaitu owa jawa (merupakan hewan endemik), lutung, macan tutul, kera, dan surili
taman nasional gunung gede pangrango
Sumber: http://www.dephut.go.id

Gambar 2 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

c. Taman Nasional Kepulauan Seribu, terletak di Kepulauan Seribu. Taman nasional ini terdapat ekosistem yang dilindungi berupa terumbu karang yang unik.

d. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, membentang dari Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang ( Jawa Timur). Taman nasional ini terdapat jenis tumbuhan yang spesifik yaitu cemara gunung (Cassuarina junghuniana), sedangkan jenis fauna diantaranya: kijang, ayam hutan/alas, babi hutan, ajak, rusa, dan macan tutul.

e. Taman Nasional Meru Betiri, terletak di Jember Selatan (Jawa Timur). Taman nasional ini terdapat beberapa jenis hewan diantaranya harimau loreng jawa, kancil, kijang, rangkong, merak, penyu karet, dan penyu blimbing serta beberapa jenis tumbuhan seperti Balanophora fungosa dan Rafflesia zollingeri.

f. Taman Nasional Baluran, terletak di ujung timur Pulau Jawa. Taman nasional ini merupakan contoh ekosistem dataran rendah kering, dengan musim kering yang panjang antara 4 – 9 bulan. Jenis flora terdapat di taman nasional ini antara lain: dadap biru (Eythrina eudophylla), pilang, kosambi, kemloko, widoro, klampis, kemiri, talok, wungur, laban, dan asam. Jenis faunanya yang terdapat di sini antara lain: banteng, rusa, kerbau liar, ular piton, macan tutul, ajak, linsang, kijang, dan babi hutan.


3. Pulau Bali

Taman nasional yang ada di Pulau Bali yaitu Taman Nasional Bali Barat, terletak di Kabupaten Buleleng dan Jimbaran yang merupakan habitat hutan alam murni sawo kecik, Manilkara kauki serta terdapat jenis hewan khas yang hampir punah yaitu jalak bali putih. Beberapa jenis hewan lain yang dilindungi antara lain kera hitam, menjangan, muncak, landak, trenggiling, ayam hutan, kepodang, pelatuk, dan penyu.

Taman Nasional Bali Barat (kiri) yang terdapat salah satu hewan khas yang hampir punah yaitu jalak bali putih (Leucopsar rothschildi) (kanan)
Sumber: http://iffocus.wordpress.com; http://www.dephut.go.id

Gambar 3 Taman Nasional Bali Barat (kiri) yang terdapat salah satu hewan khas yang hampir punah yaitu jalak bali putih (Leucopsar rothschildi) (kanan)


4. Pulau Kalimantan

Taman nasional yang ada di Kalimantan yaitu Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur serta Kalimantan Tengah yang topografinya berupa dataran rendah berawa-rawa dan beriklim basah. Taman nasional tersebut dijadikan sebagai tempat rehabilitasi orang utan, yaitu mempersiapkan orang utan sebelum dilepas ke habitat aslinya dan beberapa jenis hewan liar (fauna) yang dilindungi antara lain orang utan, kucing hutan, muncak, musang, lutung merah dan kancil. Beberapa jenis tumbuhan (flora) yang dilindungi, yaitu gluta renghas (tanaman mengandung getah yang dapat merusak saraf) dan durian.

Taman Nasional Tanjung Puting (kiri) yang dijadikan tempat rehabilitasi orang utan (kanan)
Sumber: http://tntanjungputing.blogspot.com; http://www.dephut.go.id

Gambar 4 Taman Nasional Tanjung Puting (kiri) yang dijadikan tempat rehabilitasi orang utan (kanan)

5. Nusa Tenggara

Taman nasional yang terdapat di Nusa Tenggara yaitu Taman Nasional Komodo yang terletak di Pulau Komodo, Gilimotong, Podan, dan Rinca (Provinsi Nusa Tenggara Timur). Kawasan tersebut beriklim muson dan kering, terdapat satu satunya hewan purba yang masih hidup di dunia, yaitu komodo (Varanus komodoensis). Terdapat juga beberapa jenis tumbuhan yang dilindungi antara lain: kayu hitam (Diospyros javanica) dan bayur (Pterospermum diversifolium).

Taman Nasional Komodo (kiri) yang terdapat satu hewan purba yang masih hidup di dunia yaitu komodo (kanan)
Sumber: http://www.dephut.go.id

Gambar 5 Taman Nasional Komodo (kiri) yang terdapat satu hewan purba yang masih hidup di dunia yaitu komodo (kanan)


6. Pulau Sulawesi

Taman nasional yang terdapat di Pulau Sulawesi yaitu Taman Nasional Lore Lindu yang terletak di kota Palu (Sulawesi Tengah). Taman nasional ini didominasi tanaman rotan (Calamus sp.) dan pinang (Pinanga sp.). Selain itu, terdapat beberapa jenis hewan yang dilindungi antara lain anoa dan bajing.


Sumber:

Anonim. 2014. Taman Nasional Gunung Leuser. http://galeriwisata.wordpress.com [6 April 2014].

Anonim. 2011. Bird Watching, Taman Nasional Bali Barat. http://iffocus.wordpress.com [6 April 2014].

Dephut. 2014. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Bali Barat, Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Komodo. http://www.dephut.go.id [6 April 2014].

Ferdinand F, Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kistinnah I, Lestari ES. 2009. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyorini A. 2009. Biologi 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.